Tuesday, October 11, 2016

Cara Memanipulasi Objek di CorelDRAW

Cara  Memanipulasi Objek di CorelDRAW - Kelebihan dari konsep objek adalah, bahwah sebuah obek tidak terikat dengan bidang gambarnya maupun objek yang lain, sehingga setiap objek bisa dimanipulasi secara bebas tanpa mempengarui yang lain.


Cara  Memanipulasi Objek di CorelDRAW

1. Select (Memilih)

Pilih tool Pick Tool yang berada pada urutan teratas toolbox. kemudian klik pada objek yang diinginkan. Untuk memilih lebih dari satu objek sinari seluruh objek (melakukan klik dan tarik pada area sekitar objek-objek dimaksud) atau menekan tombol 'Shift' sambil melakukan klik pada masing-masing objek.

2. Move (Memindah)

Pilih objek yang diinginkan, kemudian pindahkan dengan cara melakukan klik dan tarik pada objek tersebut. Jika anda ingin menggeser beberapa objek sekaligus, pastikan ketika melakukan klik dan drag, kursor mouse diposisikan pada salah satu objek tersebut.

3. Resize (Memperbesar/Memperkecil)

Pilih objek yang diinginkan, kemudian klik dan tarik kotak hitam di pojok-pojok atau kiri-kanan-atas-bawah objek untuk merubah ukuran objek. Jika anda menginginkan objek membesar dan mengecil sesuai porosnya, tekan terlebih dahulu dan tahan tombol 'Shift' selama melakukan klik dan tarik. Alternatif untuk melakukan resize adalah melakukan ukuran persen yang terdapat pada Porperti Bar, persen ini berlaku pada untuk panjang dan lebar objek. Jika menggunakan Porperty Objek, anda mengetikan angka  yang di inginkan, kemudian tekan tombol keyboard 'Enter'.




4. Rotate (Memutar)

Pilih obejek yang diingikan, lalu klik sekali lagi pada sembang bagian objek untuk menjadikan mode rotate, dimana tanda hitam di pojok-pojok akan berubah menjadi panah melingkar. Klik dan tarik pada panah panah tersebut untuk memutar objek. Jika anda menginginkan objek berputar sesuai prosnya yang baru. Anda harus memindahkan porosnya dengan cara klik dan tarik pada ikon poros. Setelah melakukan rotaasi, klik sekali lagi pada objek untuk mengembalikan pada mode resize.







5. Delete (Hapus)

Pili objek yang di inginkan lalu tekan tombol 'Del' pada keybord.

Demikian Cara Belajar Memanipulasi Objek di CorelDRAW yang dapat saya bagikan dengan Cara  Memanipulasi Objek di CorelDRAW semoga dapat para pembaca dapat menguasainya.

Tag: Cara  Memanipulasi Objek di CorelDRAW, Cara Belajar Memanipulasi Objek di CorelDRAW, Manipulasi Objek pada CorelDRAW, Belajar Memanipulasi Objek pada CorelDRAW.

Artikel Terkait

Cara Memanipulasi Objek di CorelDRAW
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email