Sunday, October 30, 2016

Pengertian World Wide Web Secara Singkat

Pengertian World Wide Web Secara Singkat - Di dalam dunia maya/ Internet tentunya anda tidak jauh dari penggunaan kata www. untuk menuliskan alamat suatu situs. Namun apakah anda tahu apa yang dimaksiud dari www tersebut..? World Wide Web, biasa terkenal sebagai. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada internet. WWW merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia  yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat di gunakan bersma. World Wide Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui Web, para pengguna dapat mengakses informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi berupa gambar, suara, video dan animasi.


Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya World Wide Web merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau di buat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen informasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi juga dapat berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar dokumen  yang seperti itu bisa disebut hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa World Wide Web adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut) maka para pengguna berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

World Wide Web adalah suatu program yang di temukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee cuma ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk intu beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program perangkat lunak yang di beri nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang di kenal sebagai WWW.

World Wide Web (www) dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, Kemudian pada bulan Oktober 1990, World Wide Web sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas pada tahun 1991, World Wide Web (WWW) resmi digunakan secara luas pada jaringan internet.

Demikian Pengertian World Wide Web Secara Singkat, semoga Pengertian World Wide Web dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Teg:Pengertian World Wide Web Secara Singkat. Pengertian World Wide Web. World Wide Web adalah. Mengenal World Wide Web.

Artikel Terkait

Pengertian World Wide Web Secara Singkat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email