Thursday, December 29, 2016

Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan

Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan -  Dompet adalah wadah/tempat untuk menyimpan benda seperti uang, kartu tanda pengenal, kartu kredit yang berbentuk lembaran atau pipih. Bentuk maupun ukuran didasaran pada pengguna serta keperluannya. sedangkan Dompet STNK merupakan wadah yang digunakan untuk menyimpan surat penting kendaraan dengan disain yang dilipat memudahkan untuk dibawa kemanapun oleh sebab itu dompet STNK dijadikan gantungan kunci. Biasanya ukuran standar Dompet STNK ukuran 8x10 cm dan 9x18cm. Ukuran dompet STNK juga relatif karna disainnya juga mempengaruhi. Berikut Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan


Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyipkan alat dan bahan

  • Alat-alat Pembuatan Dompet STNK
  1. Palu
  2. Pandokan
  3. Plong pipih
  4. cuter
  5. Penggaris metal
  6. Jarum
  7. Sniper
  8. Silver Pen
  9. Cuting met
  • Bahan-bahan Pembuatan Dompet STNK
  1. Kulit Glace Full Up
  2. Kain bludru
  3. Pengait
  4. Lem
  5. Vether
  6. Cetikan 1 set
  7. Benang
Setelah kita menyimkan alat dan bahan untuk pembuatan Doompet STNK langkah beriutnya adalah Proses Pemolaan dan Pemotongan
  • Tracing semua pola pada bahan kulit, jangan lupa interlooking
  • Potong seluruh pola menggunakan cuter dan bantuan penggaris metal serta cuting met. Pola dompet STNK terdiri dari 4 pola dari bahan kulit, yaitu; 1 Cover dan 3 Saku. Dan 1 pola lining dari kain bludru
Setelah semua bahan sudah terpotong dengan baik langkah berikutnya adalah perakitan. Beberapa tahap harus diperhatikan dalam merakit Dompet STNK terutama dalam perlakuan terhadap bahan kulit yang sifatnya lemas dan lentur. Hati-hati dalam mengeplong dan menjahit. Berikut tahap proses perakitan:
  • Pertama pemasangan Kancing cetik (perempuan) pada bagian cover menggunakan alat seniper. Plong bagian yang sudah ditandai lalu pasang kancing cetik.
  • Ulas lem pada cover hingga rata kemudian tempelkan lining kain bludru.
  • Vether komponen saku pada bagian tepi dalam, kemudian beri lem pada bagian tepi yang akan ditempel pada komponen cover.
  • Khusus pola saku tengah sebelum ujung atas dilipat kedalam kearah badan, beri komponen pengait.
  • Sesuakan ukuran pola dengan mentriming bagian yang tepi agar nampak rapi dan lurus.
  • Beri gari pada plong, plong keliling Dompet STNK dengan jarak dari tepi maksimal 2 mm. karena karena sifat bahan yang lemas dan lentur jangan terlalu keras saat pengeplongan.
Tahap berikutnya yang perlu kita lakuan yaitu tahap Finising
  • Vether bagian tepi Dompet STNK. Jika ingin tebak ulangi proses vether sampai benar-benar rapi.
Demikian Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin memulai usaha.

Tag: Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan. Usaha Homst Industri, Cara Pembuatan Dompet STNK. Dompet STNK, Pembuatan Dompet STNK.

Artikel Terkait

Cara Membuat Dompet STNK Untuk Industri Rumahan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email