Monday, October 31, 2016

Cara Perawatan Indukan Bangkok yang Bagus Untuk Pembibitan

Cara Perawatan Indukan Bangkok yang Bagus Untuk Pembibitan - Babon Bangkok yang Bagus untuk pembibitan ayam aduan harus diperhatikan sejak dini, sejak memasuki umur dewasa. Calon ini adalah seleksi dari keturunan jago kelas aduan yang bagus dengan babon keturunan jago kelas aduan juga, sehingga calon babon dalam pembibitan memiliki darah ayam aduan baik dari garis bapak maupun dari induk. Ayam dari babon ini agar dirawat agar ditangani sebaik mungkin, sebab dari ayam darah ini diharapkan akan memperoleh jago-jago yang juga berkualitas.



Cara Perawatan Induk Bangkok yang Bagus Untuk Pembibitan
  1. Dikandangkan tersendiri pada kandang yang cukup untuk bergerak. Kandang terisolir dari kemungkinan didekati dari binatang-binatang carrier sehingga tidak mudah tertular penyakit. Kandang harus selalu disemprot desinfektan (ASEPTO) minimal 2 minggu sekali. Agar tidak lembab dan selalu bersih. Kotoran jangan lupa juga di bersihkan tiap pagi.
  2. Program vaksinasi CRD dengan vaksin CRD Inaktif  2-3 Bulan sekali. Program Vaksinasi NCD dengan LASOVAC atau vaksin NCD inaktif juga 3 Bulan sekali.
  3. Kontrol kesehatan dilakukan setiap pagi, diawali dengan pemeriksaan kotoran. Bila kotoran tidak normal,pertanda ayam tidak sehat dan harus segera dicari tanda-tanda (gejala-gejala) lain untuk untuk menentukan penyakit dan pengobatannya. Pengobatannya harus secepat dan secermat mungkin sebelum penyakit berkembang lebih parah. Dalam penyakit ini harus betul-betul dicegah jangan sampai calon bibit ini terserang CRD atau pulorum (berak putih, berak kapur) sebab kedua penyakit ini akan berakibat fata, yaitu si babon tidak akan produktif bertelur akibat CDR dan anak-anaknya juga akan terserang penyakit pullorum. 
  4. Untuk seminggu sebelum dikawinkan agar kesehatannya dikontrol kembali, sehingga pada saat dijodohkan kondisinya benar-benar sehat dan bagus. Hal ini sangat penting untuk menajmin kualistas telur.
Cara Penanganan Induk Bangkok yang Bagus untuk pembibitan.
  1. Untuk perkembangan tulang otot, syaraf, bulu, agar dalam ransum dicampur 2% MINERAL B12 seperti sejak umur anakan dan pemberian ini berlanjut terus sampai sepanjang hidupnya.
  2. untuk perkembangan tumbuhnya agar protein diberikan cukup yaitu sekitar 16% sampai umur siap kawin dan menjelang dikawinkan protein dinaikkan menjadi sekitar 18% makanan harus terkontrol dan tidak tercemar bibit penyakit.
  3. Untuk pembinaan organ-organ dalam dan alat produksi untuk mendukung pertumbuhan, pemeliharaan bulu, otot, syaraf dan lain-lain agar minumnya diberi AMINO EGG atau AMINOLISIN dan seminggu sekali agar diberi kapsul OSTELIN untuk perawatan tulang dan otot kaki. Babon untuk pembibitan memerlukan kaki yang kuat setelah siap kawin agar air minumnya diberikan MULTI EGG untuk meningkatkan jumlah produksi telurnya, pemberian MULTI EGG ini bersamaan dengan penggantian ransum menjadi berkadar protein 18%.
  4. Ayam betina disiapkan akan dapat dikawinkan bila memasuki dewasa kelamin dengan tanda-tanda antara lain
  • Wajah, jengger dan pial berwarna merah menyala
  • Terlihat riang dan tertarik untuk mendekati bila ada suara pejantan memanggil
  • Aktif mencari makan sehingga tembolok selalu penuh.
  • paruh sering terbuka seperti kepanasan dan sering bersembunyi (mengekek).
Demikian penjelasan Cara Perawatan Indukan Bangkok yang Bagus Untuk Pembibitan semoga dapat membantu dan berhasil Memilih Indukan Bangkok yang Baik dan Bgus. dan mampu menyiapkan Induk Bangkok yang Bagus.

Teg:Cara Memilih Indukan Bangkok yang Bagus Untuk Pembibitan, Cara Penanganan Indukan Bangkok yang Baik. Indukan Bangkok yang Baik. Indukan Bangkok yang Bagus. Cara memilih Babon Yang Bagus. Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok yang Bagus.Cara Memilih Babon Ayam bangkok.

Artikel Terkait

Cara Perawatan Indukan Bangkok yang Bagus Untuk Pembibitan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email